Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dandim 1609/Buleleng Melaksanakan Komsos Dengan Komponen Masyarakat Kec.Sawan dengan Tema "Moderasi Beragama dan Tantangan Polarisasi di Indonesia."

Rabu, 12 Juli 2023 | 09:00 WIB Last Updated 2023-07-13T01:35:27Z
Buleleng, Bali - Dalam upaya memperkuat hubungan dengan komponen masyarakat setempat dan membahas isu-isu penting yang berkaitan dengan keberagaman agama dan tantangan polarisasi di Indonesia, Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos.,M.I.P., di dampingi Danramil Sawan Kapten Inf Made Suparsana, melaksanakan kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) dengan komponen masyarakat Kecamatan Sawan di Aula Koramil Sawan, 11 Juli 2023.
 
Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat sinergi antara TNI Angkatan Darat, Kodim 1609 Buleleng dengan masyarakat setempat melalui Komunikasi Sosial. Dalam sambutannya, Dandim 1609/Buleleng menyampaikan rasa syukur dan mengajak semua peserta untuk bersyukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memungkinkan dapat berkumpul dalam keadaan sehat dan bahagia.
 
Dalam pengarahan yang disampaikan, Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos.,M.I.P., menjelaskan tentang pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan prilaku beragama yang dipegang teguh oleh sebagian besar penduduk Indonesia dari masa lampau hingga saat ini. Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos.,M.I.P., juga menggarisbawahi pentingnya menjaga situasi kondisi yang sudah terjaga saat ini, terutama dalam menghadapi pesta demokrasi di masa depan.
 
Dalam konteks pesta demokrasi yang akan datang, Dandim 1609/Buleleng mengingatkan agar masyarakat tidak terpengaruh oleh polarisasi politik yang dapat merusak kebersamaan yang telah dibangun. Dandim mengajak semua peserta untuk menjadikan para Babinsa  sebagai kekuatan dalam melaksanakan kegiatan dan pembangunan di wilayah, dengan bekerja sama secara sinergis antara instansi dan elemen masyarakat.

Di akhir sambutannya, Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos.,M.I.P., menyampaikan sebuah filsafat Hindu yang mengajak untuk saling tolong-menolong dan saling menghormati antara individu dan masyarakat. Filsafat tersebut dikenal dengan kata-kata "Tat Twam Asi", yang secara harfiah berarti "Itu adalah kamu". Dalam konteks filsafat Hindu, Tat Twam Asi mengandung makna bahwa kita semua adalah sama, memiliki hak yang sama, dan memiliki kewajiban untuk saling membantu dan menghormati satu sama lain.

Kegiatan Komsos ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan toleransi antara masyarakat dan TNI Angkatan Darat, Kodim 1609 Buleleng, serta membuka ruang dialog untuk mengatasi perbedaan dan meningkatkan kebersamaan dalam bingkai keragaman agama yang ada di Indonesia.
×
Berita Terbaru Update