Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Peringati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023

Rabu, 03 Mei 2023 | 10:21 WIB Last Updated 2023-05-03T02:21:00Z


BULELENG - Pjs.Pasiter Kodim 1609/Buleleng Kapten Inf Putu Suratnya mewakili Komandan Kodim 1609/Buleleng menghadiri  kegiatan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar" dan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 dengan tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul.Selasa, 02/05/23

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Buleleng, Jln. Pahlawan, Kel. Banjar Tegal, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng bertindak selaku Inspektur Upacara Sekda Kab.Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd dan Komandan Upacara Kadisdikpora Kab.Buleleng Made Astika, S.Pd.,M.M dengan diikuti ± 350 orang

Adapun  Amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang dibacakan oleh Inspektur Upacara : 

a. Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini hendaknya dapat membangkitkan rasa optimisme dan percaya diri karena dengan optimisme dan percaya diri itulah sesungguhnya cikal bakal bangsa ini dibangun dunia pendidikan diharapkan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan mental anak bangsa sehingga kedepan masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan demokratis dengan tetap menghargai keanekaragaman adat budaya Nusantara serta norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat.

b. Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini mengusung tema bergerak bersama semarakkan merdeka belajar tema ini mengandung ajaran kepada kita semua agar tetap berjuang bersama-sama mewujudkan cita-cita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga diharapkan akan membuat lompatan besar dalam aspek kualitas pendidikan agar menghasilkan siswa dan lulusan yang unggul dalam menghadapi tantangan masa depan yang kompleks. Kita menyadari bahwa pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan bangsa dan penguatan nilai-nilai sosial budaya oleh karena itu pemerintah senantiasa memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan. Melalui proses pembangunan pendidikan kita ingin membangun manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, berbudaya dan mampu bersaing di kancah Internasional. Berbagai kebijakan pembangunan pendidikan telah dilaksanakan melalui program pemerintah dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, peningkatan kualitas guru dan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan khususnya infrastruktur serta teknologi informasi hal tersebut merupakan bagian dari strategi untuk mewujudkan merdeka belajar dengan tujuan agar para guru/pendidik dan siswa mampu merdeka berpikir, merdeka berinovasi, belajar mandiri dan kreatif serta merdeka untuk kebahagiaan.

c. Melalui kesempatan yang baik ini saya mengharapkan kepada seluruh komponen yang terkait pendidikan, termasuk para guru/pendidik baik di sekolah-sekolah pasraman maupun pondok pesantren agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Ketahui bahwa beberapa tahun terakhir nampak jelas terjadinya degradasi moral di kalangan anak-anak kita, hal ini membuat generasi penerus bangsa kita menipis jiwa nasionalismenya, akibatnya sikap tingkah laku mereka mudah terpengaruh pada budaya asing yang bersifat negatif. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dan memudahkan akses jaringan internet juga menjadi salah satu dampak negatif bagi anak-anak kita jika tidak diarahkan dan diawasi aktivitasnya mudah-mudahan ke depan melalui Merdeka belajar ini bisa benar-benar terealisasi dengan baik sehingga generasi muda penerus bangsa serta masyarakat kita siap dan mampu berhadapan dengan kemajuan zaman tanpa meninggalkan etika dan moral dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.

d. Hari ini kita juga memperingati hari otonomi daerah ke-27 dengan mengambil tema otonomi daerah maju Indonesia unggul, tema ini mengandung makna bahwa implementasi otonomi daerah bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan Rakyat didasarkan atas aspek kelembagaan bukan atas kehendak seseorang atau kelompok tertentu sehingga dalam setiap langkah penyelenggaraannya otonomi daerah diharapkan mampu untuk mewujudkan kemandirian kemajuan dan kesejahteraan daerah dan masyarakatnya. Mewujudkan kesejahteraan akan menjadi sebuah keniscayaan jika otonomi daerah diselenggarakan secara akuntabel transparan berkepastian hukum dan partisipatif. Otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan otonomi daerah dapat menumbuhkan iklim kebersamaan berkumpul berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya. di samping itu melalui desentralisasi yang telah berjalan selama ini berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit tetapi menjadi sangat efisien dan responsif melalui kebijakan desentralisasi ini juga pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang luas dalam mengelola dan negara potensi ekonomi yang ada di daerah dengan demikian maka berbagai aktivitas ekonomi di daerah dapat bertumbuh dengan pesat.

e. Akhir kata marilah kita tingkatkan kerjasama dan keikhlasan kita dalam memberikan layanan serta marilah kita aplikasikan hari otonomi daerah dengan semangat kerja keras penuh ikhlas.

#Kodam_IX_Udayana#Korem163Wsa #TNI_AD #Puspen_TNI#infobali #infotni  #bersamarakyattnikuat

×
Berita Terbaru Update