Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kodim 1609/Buleleng dan Rumah Plastik Bersatu Melawan Sampah Plastik

Jumat, 15 Desember 2023 | 16:22 WIB Last Updated 2023-12-15T08:27:06Z

Buleleng, Kodim 1609/Buleleng dan Rumah Plastik berkolaborasi untuk melawan sampah plastik. Kerja sama ini ditandai dengan kunjungan Komandan Kodim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos., M.I.P., ke Bank Sampah Induk Rumah Plastik di Desa Petandakan, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng, Jumat (15/12/2023).
 

Dalam kunjungan tersebut, Dandim 1609/Buleleng didampingi oleh Danramil jajaran Kodim 1609/Buleleng, Perbekel Desa Petandakan, Pengelola Bank Sampah Induk, dan Kadus Pondok.
 
Dandim 1609/Buleleng menyampaikan bahwa kedatangannya ke Bank Sampah Induk Rumah Plastik ingin mengetahui proses pengolahan sampah plastik yang ada di Desa Petandakan. Selain itu, Dandim juga akan membuat Bank sampah di masing-masing Koramil serta para Babinsa di Desa akan melaksanakan sosialisasi/kampanye menyampaikan kepada warga masyarakat binaannya agar memilih dan memilah sampah plastik maupun sampah organik.
 
"Sampah plastik merupakan salah satu masalah lingkungan yang perlu segera diatasi. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di Kabupaten Buleleng," ujar Letkol Angga.

Sementara itu, Perbekel Desa Petandakan Wayan Joni Arianto menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu program Kodim 1609/Buleleng. Ia juga berharap agar kolaborasi ini dapat terus berjalan dan menghasilkan dampak yang positif bagi lingkungan.

Pengelola Bank Sampah Induk Rumah Plastik Putu Eka Darmawan menyampaikan bahwa pengelolaan sampah plastik sudah berjalan selama 8 tahun dan hasil pengolahan  sudah dikirimkan ke beberapa negara, seperti Spanyol, Tokyo, Korea Selatan, dan Malaysia.

Kerja sama antara Kodim 1609/Buleleng dan Rumah Plastik ini merupakan langkah positif dalam upaya mengurangi jumlah sampah plastik di Kab. Buleleng. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pihak-pihak lain untuk turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan" ucap Putu Eka
×
Berita Terbaru Update