Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kodim 1609/Buleleng Aksi Gotong Royong Bersihkan Pantai dan Tanam Pohon

Kamis, 04 Januari 2024 | 11:50 WIB Last Updated 2024-01-04T03:54:37Z

Buleleng,  Sebanyak 1.200 orang dari TNI, Polri, Forkopimda, Pelajar, dan elemen masyarakat Buleleng bergotong royong membersihkan pantai dan menanam pohon di Buleleng, Bali, Kamis (4/1/2024). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kick Off Pelestarian Alam Kodam IX/Udayana di Wilayah Kodim 1609/Buleleng, Korem 163/Wira Satya
 
Kegiatan dimulai dengan apel di Eks Pelabuhan Buleleng. Dalam apel tersebut, Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos, M.I.P., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI dan masyarakat terhadap lingkungan.

"Musim hujan sudah mulai dari sebulan lalu, namun sampah yang turun ke laut tidak sebanyak pada musim hujan sebelumnya. Hal ini menandakan tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujar Dandim.

Kegiatan pembersihan pantai dimulai dari Eks Pelabuhan Buleleng hingga Pantai Lovina dengan panjang 9,6 Km. Para peserta membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang pantai, seperti plastik, botol,  kertas dan sampah organik. Sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Selain membersihkan pantai, kegiatan ini juga diisi dengan penanaman pohon di lahan tidur milik Pemkab.Buleleng yang terletak di Kelurahan Banyuasri, Kec.Buleleng. Pohon yang ditanam adalah pohon mangga yang diharapkan dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat Buleleng. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara rutin agar lingkungan Buleleng tetap bersih dan asri.
×
Berita Terbaru Update